Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Berat Badan Ideal Kucing Berdasarkan Ras Dan Umurnya



Mengetahui berat badan ideal kucing sangat penting untuk menjaga agar kucing tidak kekurusan atau kegemukan..., kegemukan pada kucing bisa mengakibatkan diabetes, lipidosis hati dan artritis. Tentu saja hal ini berbahaya jika terjadi pada kucing.

Lalu berapa sih berat badan ideal kucing? Berat badan kucing rata rata adalah 3,6 kg-6,8 kg..data ini diambil dari 10 ras kucing yang berbeda, namun semua kucing tersebut bisa dikatakan ideal jika beratnya adalah 4 kg sampai 4,5 kg (kecuali maine coon).

berat ideal kucing menurut umur

Berat Badan Kucing Berdasarkan Umurnya

Adalah sebuah kepastian bahwa kucing berkembang menjadi lebih besar dan lebih berat, berat kucing saat lahir dan dewasa sama sekali berbeda.. Lalu berapakah berat ideal kucing mulai dari bayi hingga dewasa.. Dibawah ini adalah daftar berat badan kucing berdasarkan umurnya

Daftar Berat Badan Kucing Berdasarkan Umurnya :

0-6 minggu - kurang dari 350 gram
6-7 minggu - antara 350-700 gram
7-8 minggu - antara 400-900 gram
2bulan-3 bulan - antara 1 kg - 1,5 kg
Remaja - antara 1,5 hingga 3,5kg
Dewasa - antara 3,5 hingga -5,5

Berat Badan Kucing Berdasarkan Ras Nya

Selain umur, hal yang mempengaruhi berat badan adalah ras keturunan kucing, contohnya kucing siam pasti memiliki berat lebih ringan daripada kucing maine coon, dibawah ini adalah daftar berat kucing dewasa berdasarkan rasnya

Daftar Berat Ideal Kucing Berdasarkan Ras:

Domestic short hair - 3,6 kg - 5,5 kg
Domestic long hair - 3,6 kg - 5,5 kg
Persia - 3,1 kg - 5,5 kg
Maine coon - 5 kg - 11,3 kg
Exotic shorthair - 3,6 kg - 5,8 kg
Kucing siam - 3,1 kg- 6,3 kg
Abisinia - 4 kg - 6,8 kg
Ragdoll - 3,8 kg -8,1 kg
Birma - 3,1 kg - 6,3 kg
American shorthair - 3,6 kg - 6,8 kg

Bentuk Tubuh Ideal Kucing

Sebenarnya untuk mengetahui apakah berat badan kucing anda sudah ideal atau belum bisa dilihat dari bentuk tubuhnya, anda bisa mengira-ngira apakah kucing anda terlalu kurus, ideal, gemuk atau malah obesitas dari bentuk tubuhnya..

Bentuk tubuh ideal kucing :



Kalkulator Berat Badan Kucing Ideal
Anda jika anda kurang yakin apakah kucing anda sudah memiliki berat ideal atau belum anda bisa mengeceknya menggunakan kalkulator berat ideal kucing, anda bisa membuka kalkulator ini di (https://www.petmd.com/healthyweight)

Pertama pilih "i have a cat" jangan pilih dog, kemudian anda masukan nama dan ras kucing anad, kemudian isi umur dan berat badan kucing, berat yang digunakan adalah pound bukan kilo, jadi silahkan di convert dulu menggunakan google convert pound ke kilogram

Kemudian yang terahir klik "see result" kalkulator ini akan menghitung otomatis apakah kucing anda memiliki berat yang ideal atau tidak
https://www.petmd.com/healthyweight

Apakah Yang Harus Dilakukan Jika Kucing Tidak Memiliki Berat Badan Yang Tidak Ideal?

Jika anda ingin menjaga kesehatan kucing anda, tentu anda harus bertindak segera..jika kucing anda kurus anda bisa meberikan banyak kalori pada kucing, makanan kering memiliki banyak kalori, sehingga bisa membuat kucing anda lebih gemuk jika memberikanya dalam jumlah banyak dan rutin.

Namun jika kucing anda kegemukan maka anda harus membuatakn diet untuknya.. Usahakan untuk mengurangi makanan untuk kucing anda, agar lemak di tubuhnya segera terkuras dan ajaklah bermain untuk membakar lemaknya. Mungkin ini akan memakan waktu dan tenaga,, tapi anda bisa menikmati kegiatan ini.

Itulah berat badan ideal kucing berdasarkan umur dan rasnya, jika ada pertanyaan seputar kucing anda bisa bertanya di kolom komentar.


Post a Comment for "Daftar Berat Badan Ideal Kucing Berdasarkan Ras Dan Umurnya"