Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kucing Makan Pindang : Inilah Yang Akan Terjadi Pada Kucing Anda



Memberi makan kucing identik dengan tulang dan ikan, dalam hal ini ikan pindang sering dijadikan makanan utama untuk kucing, namun banyak orang yang masih hawatir tentang dampak yang ya akibatkan oleh hal tersebut.

Apakah boleh memberi makan kucing ikan pindang? Anda boleh saja memberikan pindang kepada kucing anda, namun Pindang tersebut harus dimasak terlebih dahulu untuk membunuh bakteri dan parasitnya, dan hindari pindang yang rawan mengandung merkuri dan logam berat seperti pindang tuna.

bolehkan kucing makan pindang
kucing makan pindang

Kucing, Ikan Pindang Dan Sejarah Yang Dilupakan

Mari kita flashback ke masa purba dulu, ketika kucing masih hidup liar di alam...yang mereka makan adalah kadal, hewan kecil, anak ayam dll.. Bukanya ikan pindang, karena kucing tidak bisa berenang apalagi memburu ikan di lautan...

Pemberian ikan pada kucing dimulai ketika manusia dan kucing hidup berdampingan, kucing sudah sulit mencari kadal dan hewan lain dan mulai nyaman hidup dengan manusia, manusia pun memberi makan ikan, tulang ikan, dll. Dan mengira bahwah ikan adalah makanan kucing...


Ikan Pindang Mentah Vs Ikan Pindang Matang

Jika memang ikan pindang boleh dimakan oleh kucing, lalu yang terbaik yang mana... Apakah ikan pindang mentah, ataukah ikan pindang yang sudah matang... Ada 2 kubu yang mungkin berseberangan pendapat.

Orang yang pro ikan mentah mungkin akan berkata : ikan mentah baik untuk kucing karena masih memiliki nutrisi utuh, sedangkan kalau dimasak nutrisinya akan berkurang,

Sedangkan orang yang pro ikan matang akan berkata : ikan mentah tidak baik bagi kucing karena masih memiliki bakteri yang bisa membahayakan kesehatan kucing..

Sebenarnya kedua kubu ada benarnya, ikan yang sudah dimasak apalagi direbus, akan memiliki nutrisi yang lebih rendah dari ikan mentah,, namun memberi makan ikan mentah kepada kucing beresiko terjangkitnya penyakit pada kucing disebabkan bakteri dan parasit.. Selain itu ikan mentah memiliki kandungan enzim yang bisa memecah tiamin (vitamin B1), yang bila dikonsumsi dalam jumlah besar akan mengakibatkan anoreksia, kehilangan koordinasi, gangguan vestibular, agresi dan kejang. 

Oleh karena itu jika anda berniat untuk memberikan ikan pindang sebagai santapan kucing maka sebaiknya masak dulu untuk mengurangi resiko tersebut

Cara Memasak Ikan Pindang Untuk Kucing

Lalu bagaimana cara memasak ikan pindang yang baik untuk kucing, apakah digoreng, dipanggang, atau dimasak dengan bumbu?

Perlu diketahui bahwa bawang merah dan bawang putih bisa berbahaya untuk kucing, bawang merah maupun bawang putih bisa memecah sel darah kucing yang bisa berdampak anemia.. Mungkin jika kucing anda memakan sedikit sih tidak apa-apa,.. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah besar, atau jumlah sedikit namun rutin,. Maka hal ini bisa menyebabkan keracunan pada kucing.

Hindari juga menggoreng ikan pindang karena minyak goreng memiliki lemak tak jenuh yang bisa memicu anoreksia, penurunan kualitas bulu, hipersensitivitas, penyakit lemak kuning, depresi, sakit perut hingga kematian.

Untuk itu anda bisa memasak ikan pindang anda dengan cara memanggang atau merebusnya agar lebih aman nya...

Duri Pindang Bisa Berbahaya : Buanglah

Jika anda berniat memeberikan ikan pindang pada kucing maka anda harus mengangkat tulangnya terlebih dahulu, karena tulang ini bisa menyangkut di tenggorokan kucing maupun di sistem pencernaanya...mungkin benar jika kucing anda bisa aman-aman saja ketika makan tulang ikan...

Namun, pada banyak kasus tersangkutnya duri di organ kucing diakibatkan kelalaian pemilik yang memberikan tulang ikan pada kucing dalam waktu yang lama..

Jika anda ingin kucing anda tetepa sehat, buanglah duri pindang sebelum menyajikanya.

Hindari Ikan Asin

Meskipun sama sama dari laut, pemberian ikan asin pada kucing bisa sangat berbahaya karena kandungan garam yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan keseimbangan elektrolit di kucing terganggu dan bisa mengakibatkan kejang, diare, muntah, buang air berlebihan hingga keracunan garam. (sumber https://felinefollower.com/can-persian-cats-eat-fish/)

Apakah Ikan Pindang Bisa Membuat Bulu Kucing Rontok?

Bisa, jika anda memberikan pindang yang digoreng, karena minyak mengandung lemak tak jenuh yang bisa berakibat buruk pada bulu kucing (sumber https://www.pet-happy.com/is-it-safe-for-your-cat-to-eat-fish/)

Pindang Dicampur Nasi : Bolehkah?

Salah satu kebiasaan orang indonesia adalah memberi makan kucing dengan ikan pindang yang dicampur nasi.., lalu apakah hal ini berbahaya?

Pada dasarnya kucing adalah karnivora yang makan utamanya adalah protein dengan sedikit karbohidrat... Sedangkan nasi memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang sulit dicerna oleh kucing... Namun karena kucing saat ini sudah diberi karbohidrat dalam waktu yang lama secara terus menerus baik dari nasi, maupun makanan kucing kering, maka kucing bisa menyesuaikan dirinya dengan hal ini..

Lalu jawabanya boleh atau tidak,..,, jawabanya boleh saja, namun jika bisa jangan terlalu banyak memberikan nasi pada kucing karena itu tidak memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kucing. Dan jika dalam pemberian nasi terjadi muntah, maka hentikan pemberian nasi, karena kemungkinan kucing anda kesusaahan mencerna nasi.

Apakah Ikan Tongkol Juga Boleh Diberikan Pada Kucing

Bisa dibilang ikan tongkol juga termasuk jenis pindang juga, anda boleh kok memberikan ikan tongkol sebagai makanan kucing, namun anda tetap harus memperhatikan hal-hal diatas agar kucing anda bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan

Kesimpulan

Salah satu alasan kenapa manusia memberikan ikan pindang sebagai makana adalah karena murah dan hemat, mengingat harga makanan kucing semakin mahal saja..., boleh saja memberikan ikan pindang atau tongkol sebagai makanan kucing, namun anda tetap harus memperhatikan hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan kucing anda


1 comment for "Kucing Makan Pindang : Inilah Yang Akan Terjadi Pada Kucing Anda"